Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka

Jumat, 06 Mei 2011

12 Tempat Suci Orang TI 7-12

7. Ames Lab, Iowa State University - Ames, Iowa, USA
Laboratorium pengembangan salah satu pionir komputer digital di dunia. Atanasoff Berry Computer (ABC) adalah mesin pertama yang mampu mengintegrasikan aritmatika biner, memori regeneratif, dan sirkuit logis. Didesain dan dibangun oleh John Vincent Atanasoff & Clifford Berry sepanjang 1937 sampai 1942, komputer ini hadir lebih dulu dibanding mesin ENIAC yang juga kerap diklaim sebagai komputer pertama.





8. Moore School of Engineering, University of Pennsylvania - Philadelphia, USA
Tempat lahirnya ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), nama yang lebih ngetop menjadi jawaban pertanyaan "Apakah komputer pertama di dunia?". Diluncurkan tahun 1946, ENIAC merupakan sistem elektronik pertama yang mampu memenuhi persyaratan komputer modern yang dilontarkan Alan Turing, sebuah prestasi yang belum dicapai komputer ABC. Pembuatnya yaitu John Mauchly dan



9. IBM's "Main Plant" - Poughkeepsie, N.Y.
Di pabrik inilah, sampai saat ini, IBM melakukan proses perancangan, produksi, dan peluncuran produk-produk komputer mainframe-nya. Salah satunya adalah IBM 701. Tahun 1953 yang lalu, komputer ini digadang-gadang sebagai komputer berkecepatan tinggi yang paling canggih dan paling fleksibel di dunia. Kemudian hadir pula keluarga mainframe System/360. Salah satu modelnya, S/360 Model 75, dipergunakan NASA untuk dalam proyek Apollo 11 yang bersejarah.
10. Room 2713, Dobie Hall, University of Texas - Austin, Texas
Setelah mengunjungi museum, laboratorium, dan pabrik, saatnya kembali "membumi" ke asrama universitas. Di kamar 2713, mahasiswa bernama Michael Dell pertama kali menjual komputer buatannya lewat perantara surat pada tahun 1984. Usaha yang ia rintis kini telah bertransformasi menjadi vendor Dell.










11. Kirkland House, Harvard University - Cambridge, Massachusetts, USA
Salah satu universitas paling ternama di dunia, Harvard, pernah memiliki tiga orang mahasiswa yang saat ini menjelma menjadi biliuner muda: Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Akrab dengan nama-nama itu? Benar sekali, merekalah penggagas jejaring sosial paling populer saat ini, Facebook. Sebuah kamar di lantai tiga Kirkland House menjadi saksi bisu usaha mereka.



12. Lyman Residence Hall, Stanford University - Stanford, California, USA
Pemberhentian terakhir. Di asrama Lyman ini, Larry Page pernah menghuni sebuah kamar tempat munculnya inspirasi untuk membuat mesin pencari Google. Bersama Sergey Brin, mereka mematangkan ide di kamar tersebut sebelum akhirnya pindah ke garasi rumah Susan Wojcicki (baca no. 3). Dari awalnya hanya untuk tugas disertasi, tak diduga Google pun bisa meraup sukses besar secara komersial.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
bedjo ngeblog © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |